PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

SEMANGAT PETANI DALAM MERUBAH KESEJAHTERAAN MELALUI PROGRAM PERLUASAN AREAL TANAM BARU TERBUKTI NYATA




 Kegiatan perluasan areal tanam baru (PATB) Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kelompok Tani Lestari II yang berada di Desa Tawangsari, Kec. Kerjo dan Kab. Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Pertanaman padi pada kegiatan PATB seluas 15 ha menggunakan varietas Mikongga,  prediksi panen bulan Februari 2021 dg perkiraan hasil 6,7 ton GKP/ha.

Salah satu manfaat yang dirasakan secara langsung oleh petani yaitu bantuan pompa yang sangat bermanfaat, karena dapat menanam padi lahan kering yang selama ini hanya bertanam kacang tanah. Disini petani diuntungkan untuk mendapat tambahan penghasilan di usaha taninya,

Sesuai tujuan awal dilaksanakan perluasan areal tanam baru dengan memanfaatkan lahan-lahan yang tak termanfaatkan menjadi lahan yang produktif. Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) difokuskan di lahan kering, rawa, lahan di bawah tegakan pohon perkebunan, lahan replanting sawit dengan menerapkan prinsip konservasi lahan dan menjaga kelestarian lingkungan. Upaya Pemerintah dalam mendorong peningkatan produktivitas dan perluasan tanam padi melalui PATB perlu didukung oleh tersedianya teknologi budidaya yang efektif, meliputi pengelolaan air, pemilihan varietas benih, pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman, serta pengelolaan pasca panen.

Yayat Hidayat & Mansur (PBT BBPPMBTPH)