PORTAL PPID

Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

PPID Utama

MARET- APRIL 2020 PUNCAK PANEN RAYA PADI DAN JAGUNG DI BLORA




   

Kementerian Pertanian bersama pemerintah daerah di Indonesia menjamin stok pangan khusus beras sebagai kebutuhan dasar masyarakat aman, walaupun dengan adanya pandemi Virus Corona (Covid 19) yang menimpa seluruh dunia ini. Kabupaten Blora merupakan salah satu penyangga pangan di Jawa Tengah, dengan produksi padi terbesar ketiga di Jawa Tengah. Produksi padi yang melimpah tidak hanya dinikmati warga Blora, namun dikirim ke berbagai daerah di Jawa Tengah, bahkan dikirim ke luar Jawa Tengah.
Bukti bahwa wilayah pantura Kabupaten Blora sebagai salah satu daerah penyangga pangan Provinsi Jawa Tengah adalah bahwa pada bulan Maret dan April melangsungkan panen raya padi. Salah satu desa di Blora yang mulai masa panen padi, Maret 2020 yakni Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen dengan luas panen 86 hektar, produktivitasnya mencapai 8 ton per hektar gabah kering panen.
Selain panen padi, wilayah kabupaten Blora juga akan memasuki panen jagung. Luas panen jagung Kabupaten Blora pada bulan Maret seluas 9.308 hektar dan April seluas 978 hektar dengan harga pipilan kering panen Rp. 4.100 sampai Rp. 4.200 per kilogram. Stok beras dan jagung mencukupi kebutuhan untuk 5 bulan ke depan. Bahkan komoditas beras aman sampai September 2020, demikian dijelaskan oleh Reni Miharti Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blora Ir. Reni Miharti, M. Agr. Bus. menjelaskan, pada Bulan Maret dan April inilah terjadi puncak panen padi. Luas panen pada Bulan Maret dua kali lipat lebih di bandingkan panen Bulan Februari. Panen padi bulan Maret di Kabupaten Blora seluas 18.357 hektar. Produksi padi di perkirakan sampai dengan 114.416 Ton GKP ( Setara beras 61.750 Ton ).

 

Pada Bulan April panen padi di prediksi lebih luas lagi. Perkiraan panen padi seluas 20.730 hektar. Prediksi ini berdasarkan luas padi eksisting berdasarkan data statistik pertanian. Apabila tidak ada kejadian luar biasa, puncak panen raya padi akan terjadi pada Bulan April.

Produksi Jagung Kabupaten Blora merupakan terbesar kedua di Jawa Tengah. Jagung dikirim ke beberapa gudang yang ada di Kabupaten Blora, Pabrik pakan ternak di beberapa Kabupaten sekitar, dan dikirim ke luar Jawa Tengah.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menganjurkan, untuk menghadapi situasi saat ini, para petani di Kabupaten Blora supaya tidak menjual seluruh hasil panennya, namun sebagian hasil panen disimpan untuk stok pangan di tingkat rumah tangga.

Gambar-gambar
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Raya Tapos Kotak No 106, Tapos, Depok

Hubungi:

HP & WA: +6281314599954
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset