PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Pengendalian OPT dengan Agen Hayati dan Refugia: Bimtek Tanaman Pangan di Kabupaten Mojokerto




Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengendalian OPT Dengan Agen Hayati dan Refugia merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR RI, yang dihadiri oleh Drs. H. Guntur Sasono, M.Si. dari Fraksi Partai Demokrat, Dapil VIII Jawa Timur. Acara Bimtek ini berlangsung pada tanggal 7 Februari 2024, di Aula New Djimbaran Resto, Jalan Raya By Pass KM 50, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dan dihadiri oleh 240 peserta.

Pada kesempatan tersebut, Drs. H. Guntur Sasono, M.Si., mengingatkan peserta Bimtek untuk aktif dalam menyerap ilmu dari para narasumber serta memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Ahmad Faisol (Kepala Bidang), selaku yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, menyatakan antusiasmenya terhadap acara ini. Ia berharap bahwa kegiatan Bimtek ini akan meningkatkan produksi pertanian melalui program pengendalian OPT dengan agen hayati dan refugia, sehingga pertanian di Kabupaten Mojokerto dapat menjadi lebih maju, mandiri, dan modern.

Sebagai Pemandu Lapang I PHT Provinsi Jawa Timur, Wito, SP., menjelaskan bahwa Pengendalian Hama Terpadu (PHT) merupakan suatu pendekatan pengendalian hama yang mempertimbangkan aspek ekologi dan efisiensi ekonomi, serta berfokus pada pengelolaan ekosistem yang berkelanjutan. Salah satu teknik yang diterapkan adalah pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan memanfaatkan musuh alami dari OPT tersebut. 

Disusun oleh Mekky Kusuma Dewi, Rika Batra, Irmayanti - Balai Besar PPMBTPH 

Editor : Syakhril Alam

Admin : Nandy M.