PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

PENGAMBILAN CONTOH BENIH BANTUAN KEDELAI DI LOMBOK TIMUR - NUSA TENGGARA BARAT




Seiring program percepatan tanam yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian, Balai Besar PPMB-TPH melakukan kajian penggunaan beberapa metode pengambilan contoh benih dalam program bantuan benih Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menelaah permasalahan dan mencari titik kritis penurunan mutu benih selama proses distribusi, selain mendapatkan metode PPC benih padi, jagung dan kedelai untuk pengecekan mutu benih beredar.

Balai Besar PPMB-TPH bekerja sama dengan produsen benih kedelai CV. Megatani Mandiri di Jawa Timur melakukan pengambilan contoh benih pada pengiriman benih bantuan yang dikirim dari Nganjuk Provinsi Jawa Timur ke Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lot benih yang dikirim sebanyak 3 lot varietas Anjasmoro dengan volume kemasan 20 kg, menggunakan armada truk via darat dan menyebrang menggunakan kapal fery. Benih tersebut disimpan di gudang penyimpanan selama beberapa hari menunggu jadwal untuk dropping ke kelompok tani.

  

Ir. Warjito, MSi selaku Kepala Balai Besar PPMB-TPH menugaskan Pengawas Benih Tanaman (PBT) Sri Rahayu Puji Lestari, Nandy Mardiansyah dan Munawaroh Naimatuh untuk mengikuti kegiatan pengiriman bantuan benih sampai benih diterima oleh petani dan melakukan pengambilan contoh untuk pengecekan mutu benih setelah sampai di lokasi penerima bantuan. Kelompok Tani yang menerima bantuan benih kedelai di Lombok Timur diantaranya adalah Kelompok Tani Bareng Maju, Waldan dan Banjar Jaong.

(Nike FW & tim)