PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

PANEN BERLIMPAH DI LOKASI GPOT, LUAR BIASA PETANI BAHAGIA DI KAB. TEGAL




 Panen dilaksanakan pada tanggal 8 September 2020 di lokasi pertanaman padi gerakan percepatan olah tanah dan tanam (GPOT) periode Bulan Juni 2020 di Kelompok Tani Makmur Desa Tanjungharja, Kec. Kramat, Kab. Tegal Provinsi Jawa Tengah seluas 12 ha pada hamparan 43 ha. Padi yang ditanam Varietas Inpari 42. Hasil ubinan yang dilakukan bersama sebesar 5,5 kg, sehingga provitasnya sebesar 8,8 ton/ha.

Hadir pada acara panen tersebut antara lain : Kepada Dinas Pertanian Kab. Tegal, PJ. Supervisi Kab.Tegal/Kepala Balai Besar PPMBTPH, Kabag Umum Balai Besar PPMBTPH, Kabid TPH Dinas Pertanian Kab. Tegal, Kepala Desa Tanjungharja. Kapala BPP Kramat, Petugas terkait (POPT, PPL, BPT, Mantri Tani) dan Petani.

Diharapkan kegiatan GPOT ini, dapat memacu petani untuk mempercepat pengolahan lahan dan menambah areal tanam, khususnya padi. Kegiatan GPOT ini diharapkan dapat berdampak dalam menambah luas tanam terutama dalam memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini diberakan.

Kabupaten Tegal merupakan salah satu sentra produksi padi dan menjadi salah satu andalan penyumbang produksi padi bagi Provinsi Jawa Tengah.

Ditulis: Kabag Umum & Tim