PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Bimbingan Teknis Analis Laboratorium Lanjutan Balai Besar PPMBTPH




Dilaksanakan pada tanggal 21 -25 September 2020 di Hotel Royal Padjadjaran Bogor, kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Direktur Jenderal Tanaman Pangan Dr. Suwandi. Hadir pada acara pembukaan tersebut Direktur Perbenihan, Kepala Balai Besar PPMB-TPH, Kepala Balai Besar POPT, Eselon 3 dan 4 Balai Besar PPMB-TPH, dan peserta Bimtek Analis Laboratorium Lanjutan yg berasal dari lingkup BPSB Provinsi, serta Stakeholders. Jumlah peserta bimtek sebanyak +/- 40 orang.

Sesuai program pemerintah yg difokuskan pd pembangunan SDM, tujuan pelaksanaan Bimtek ini adalah; a) Meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kompetensi bagi Petugas Analis Laboratorium dalam melakukan pengujian mutu benih; b) Bertukar pikiran dan berbagi pengalaman melalui diskusi mengenai pengujian mutu benih di Laboratorium; dan c) Persamaan persepsi dalam pelaksanaan pengujian mutu benih di Laboratorium.

 

Narasumber pada Bimtek Analis Laboratorium Lanjutan berasal dari Direktorat Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan; Institut Pertanian Bogor; Balai Sertifikasi Kementerian Perdagangan; dan fungsional dari Balai Besar PPMB-TPH. Pada pembukaan Bimtek Bapak Dirjen TP memberikan arahan dan motivasi diantara agar : 1) Dalam bekerja khususnya di laboratorium harus selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk peningkatan kompetensi SDM khususnya bagi para PBT; dan 2) Dengan adanya wabah covid-19 diharapkan tidak menyurutkan kita dalam bekerja tetap semangat, gembira, bahagia dan menjaga kesehatan.

Ditulis oleh: Kasubbag TU Noer Sandjojo dan tim