PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAWAS BENIH TANAMAN (IHT PETUGAS PENGAMBIL CONTOH BENIH) UPT SBTPH PROVINSI SUMATERA UTARA




Pada Bulan September  2020, Balai Besar PPMB-TPH  mendapatkan surat permohonan untuk menjadi nara sumber pada kegiatan In house training Petugas Pengambil Contoh Benih yang di selenggarakan oleh UPT Sertifikasi benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (SBTPH) Provinsi Sumatera Utara. Ditugaskan dua PBT Balai Besar PPMB-TPH yaitu Amiyarsi Mustika Yukti dan Nur Indrayanti Prabaningrum. Pelatihan dalam rangka Peningkatan kompetensi Pengawas benih Tanaman ini dilangsungkan mulai tanggal 15 sampai dengan 17 September 2020 di Hotel Putra Mulya Medan. IHT diikuti oleh Pengawas Benih Tanaman se Provinsi Sumatera Utara.

 

Setelah acara pembukaan, IHT dimulai dengan pretest dan dilanjutkan dengan Materi teori terkait pengambilan contoh benih yaitu Peningkatan Kompetensi Pengawas Benih Tanaman, Prinsip Umum Pengambilan Contoh Benih Berdasarkan ISTA Rules dan Pengenalan Metode Pengambilan Contoh Benih, Jaminan Mutu, Pengawasan Mutu Internal dan Monitoring PPC serta Pengecekan, Kalibrasi dan Perawatan Alat Pengambilan Contoh Benih. Pada Hari kedua dilanjutkan dengan praktek pengambilan contoh benih padi di PT . Pertani Binjai.

 

Pelaksanaan praktek pengambilan dilaksanakan dengan tetap mematuhi aturan kesehatan terkait Pandemi Covid-19. Pengambilan contoh dilaksanakan pada satu lot untuk lima group Petugas Pengambil Contoh Benih. Contoh Kirim yang didapat dikirim ke laboratorium UPT SBTPH  Provinsi Sumatera Utara dan Balai Besar PPMB-TPH serta akan dilakukan pengujian mutu dan pengolahan data sebagai bukti pelaksanaan validasi metode PPC. Dokumen laporan akan digunakan sebagai bukti rencana penambahan ruang lingkup akreditasi untuk Pengambilan Contoh Benih pada Survailen mendatang.

Kegiatan IHT diakhiri dengan post test dan penutupan secara resmi oleh ibu Kepala UPT SBTPH Provinsi Sumatera Utara, Ibu Julia Ernawati Hutahean.Dengan adanya IHT, diharapkan terjadi peningkatan kompetensi khususnya pada pengambilan contoh benih.

Disusun oleh Amiyarsi Mustia Yukti dan Nur Indrayanti Prabaningrum, PBT Balai Besar PPMB-TPH)