PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura

TEMU PELANGGAN, SALAH SATU UPAYA BALAI BESAR PPMB-TPH MENINGKATKAN PELAYANAN DI MASA PANDEMI COVID-19




Di masa pandemi COVID-19 ini, Balai Besar PPMB-TPH tetap berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pengguna jasa. Sejumlah kegiatan diselenggarakan, namun juga dipastikan adanya jaminan keselamatan dan kenyamanan bagi pelanggan maupun petugas layanan. Karenanya, untuk mensosialisasikan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dan untuk memperoleh masukan tentang kebutuhan pelanggan, Balai Besar PPMB-TPH menggelar kegiatan Temu Pelanggan melalui aplikasi zoom pada hari Rabu, 18 November 2020.

   

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi dan edukasi terkait kegiatan pelayanan pengujian benih yang dilaksanakan Balai Besar PPMB-TPH, bimbingan teknis dan pelayanan lainnya. Kegiatan dikemas dalam bentuk temu pelanggan yang baru pertama kali dilaksanakan Balai Besar PPMB-TPH. Saat ini dihadirkan 54 penerima layanan Balai Besar PPMB-TPH, baik dari BPSBTPH se-Indonesia dan produsen/perusahaan benih BUMN maupun swasta,” ujar Ir. Warjito, M.Si selaku Kepala Balai Besar PPMB-TPH.

Pada kesempatan kali ini diperkenalkan aplikasi baru dari Balai Besar PPMB-TPH yang memudahkan pelanggan dalam melaksanakan pendaftaran pengujian benih yang diinginkan yang diberi nama Sistem Manajemen Pengujian Laboratorium atau yang disingkat SIMPEL. Aplikasi ini diperkenalkan oleh Kepala Bidang Informasi dan Jaringan laboratorium Dr. Tri Martini, SP, M.Si sebagai salah satu bentuk inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik pelanggan. Melalui aplikasi ini, pelanggan dan petugas tidak perlu bertemu langsung, pengajuan pengujian dilaksanakan secara online, benih yang akan diuji dapat dikirim. Beragam tanggapan pelanggan mulai dari ketertarikan pada penggunaan TIK Simpel yang digital hingga uji coba implementasi aplikasi yang usefull memberikan kemudahan stakeholders untuk pengajuan pengujian mutu benih TPH. “Kami akan terus mengembangkan aplikasi Simpel yang saat ini masih berbasis Web, menjadi aplikasi yg bisa diakses online dengan cara diunduh di Playstore dari handset bapak ibu pelanggan sekalian”, tandas Tria.  

Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dari Balai Besar PPMB-TPH, semoga pandemi COVID-19 segera berlalu, sehingga dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung dan menghadirkan banyak peserta. Warjito berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi jembatan silaturahmi antara Balai Besar PPMB-TPH dan sekaligus meningkatkan pemahaman pelanggan tentang pelayanan yang diberikan dan bagaimana pelaksanaan di masa pandemi. Disamping itu, ajang ini juga dapat dijadikan media untuk menjaring kebutuhan pelanggan dan permasalahan yang mereka rasakan selama memperoleh pelayanan dari Balai Besar PPMB-TPH.

Ditulis oleh: Rika Batra & tim